Fisioterapi

Fisioterapi
kami disini sharing tentang dunia fisioterapi, kalau ada ilmu baru atau masukan bisa langsung komentar atau email, makasih

BAB V PENGARUH SENAM ASMA TERHADAP VO2 MAKS


PENGARUH SENAM ASMA TERHADAP PENINGKATAN VO2 MAKS PADA PEGAWAI INDUSTRI KIMIA
PROPOSAL SKRIPSI
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Menyelesaikan Program Pendidikan Diploma IV Fisioterapi


Disusun oleh :
FRANSISKAHARUM OKTAVIANA
P 27226012 031

PROGRAM STUDI DIPLOMA IV FISIOTERAPI
KEMENTRIAN KESEHATAN RI
POLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTA
2013

BAB V 
KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan
Penelitian pengaruh senam asma terhadap peningkatan VO2 maks pada pegawai industri kimia 3 kali seminggu dan selama 6 minggu dengan subyek para pegawai industri dengan rentang umur 25 sampai 51 tahun, terbukti dapat meningkatkan kadar VO2 maks melalui parameter pengukuran 12 minutes run/walk test antara sebelum dan sesudah perlakuan senam asma.
Pada penelitian didapatkan peningkatan hasil VO2 maks dengan hasil yang dapat dilihat dari pengolahan data statistik yang menunjukkan nilai mean sebelum sebesar 1,7426 dan nilai mean sesudah menjadi 1,9943. Melalui uji hipotesis sample paired t test didapatkan nilai p=0,009 yang berarti p<0,05 yang mempunyai makna bahwa terjadi perubahan signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan senam asma. Sedangkan uji normalitas data menggunakan Saphiro-wilk didapatkan nilai p=0,388 yang berarti p>0,05 mempunyai distribusi data yang normal dan Ha diterima.

B.        Saran
56
 
Walaupun dalam penelitian ini didapatkan hasil adanya peningkatan VO2 maks setelah diberi perlakuan senam asma, namun untuk memperkuat bukti dan kepastian dari penelitian ini maka saran yang diperlukan adalah ( 1 ) dilakukannya penelitian lebih lanjut ( 2 ) menambahkan kelompok kontrol supaya hasil yang dicapai lebih obyektif ( 3 ) memperbanyak jumlah subyek.
Sesuai dengan penelitian yang berjudul pengaruh senam asma dalam peningkatan VO2 maks pada pegawai industri kimia, yang menunjukkan hasil yang signifikan dalam meningkatkan VO2 maks antara sebelum dan sesudah perlakuan pada pegawai industri kimia. Maka seharusnya senam asma dapat diberikan sebagai  program khusus bagi para pegawai untuk melakukan latihan secara berkala dan dijadwalkan secara rutin, guna menjaga kebugaran para pegawai sehingga produktivitas pekerja juga akan meningkat.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar