Fisioterapi

Fisioterapi
kami disini sharing tentang dunia fisioterapi, kalau ada ilmu baru atau masukan bisa langsung komentar atau email, makasih

Amputasi BAB I


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Amputasi merupakan pembedahan yang menghilangkan sebagian atau seluruh anggota tubuh bagian ekstremitas. Seringkali masyarakat merasa takut dan tidak mau untuk diamputasi karena masyarakat atau pasien menggangap hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Padahal dalam konteks pembedahan, amputasi bertujuan untuk menyelamatkan hidup.Secara umum, amputasi merupakan pilihan pembedahan yang terakhir, dimana sedapat mungkin dilakukan prosedur bedah yang mempertahankan ekstremitas.
Pada beberapa kondisi, antara lain pada sarkoma jaringan lunak yang sudah menginfiltrasi semuastruktur lokal di ekstremitas, amputasi merupakan pilihan. Dilihat dari pandangan medis, amputasi digunakan untuk memeriksa rasa sakit atau proses penyebaran penyakit dalam kelenjar yang terpengaruh, misalnya pada malignancy atau gangrene. Dalam beberapa kasus amputasidilakukan untuk mencegah penyakit tersebut menyebar lebih jauh dalam tubuh. Jadi,amputasi dilakukan sebagai pilihan terakhir jika segala pengobatan yang telah dilakukantidak berhasil (ajeng, 2011).
Berdasarkan penelitian saat ini, amputasi pada alat gerak,85 – 90 % dari seluruh amputasi dan operasi bawah lutut paling banyak dilakukannya. 90 % dari kasus amputasi bawah lutut hasilnya dapat menggunakan prostetik di bandingkan dengan atas lutut. Pada kasus amputasi atas lutut hanya 25% yang dapat menggunakan lutut (ryan,2010)
Amputasi tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi anak kecilpun juga bias mengalaminya. Keputusan untuk mengamputasi tubuh, apapun penyebabnya, didasarkan pada pertimbangan yang cermat untuk menyelamatkan jiwa dan anggota tubuh lain sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dari pasien.
Meskipun tehnik bedah merupakan factor penentu dalam keberhasilan amputasi, namun factor lain yang tidak kalah penting adalah pemahaman keluarga dan penerimaan pasien bahwa amputasi merupakan pilihan terbaik dan dapat mencegah komplikasi lebih lanjut.
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan diatas maka rumusan masalah adalah apakah  penatalaksanaan fisioterapi berupa terapi latihan berpengaruh pada penderita post amputasi atas lutut.
C.   Tujuan
Tujuannya ialah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian terapi latihan pada penderita post amputasi atas lutut.
D.  Manfaat
Manfaat diberikan penatalaksanaan fisioterapi pada penderita post amputasi atas lutut, antara lain : (1) mengetahui manfaat terapi latihan pada penderita post amputasi atas lutut, (2) mampu menyusun rencana tindakan fisioterapi pada penderita post amputasi atas lutut, (3) mampu memberikan dan mengevaluasi tindakan fisioterapi pada penderita post amputasi atas lutut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar