Fisioterapi

Fisioterapi
kami disini sharing tentang dunia fisioterapi, kalau ada ilmu baru atau masukan bisa langsung komentar atau email, makasih

Dosis Terapi Dingin


Dosis Terapi Dingin

Cold therapy adalah pemanfaatan dingin untuk mengobati nyeri dan mengurangi gejala peradangan lainnya. Istilah cryotherapy digunakan untuk penggunaan terapi dingin yang sangat ekstrim, biasanya mengunakan cairan nitrogen yang digunakan sebagai  anesthetic-analgesia (Swenson et al., 1996:193).  Pada terapi dingin, digunakan modalitas terapi yang dapat menyerap suhu jaringan sehingga terjadi penurunan suhu jaringan melewati mekanisme konduksi.  Efek pendinginan yang terjadi tergantung jenis aplikasi terapi dingin, lama terapi dan konduktivitas. Pada dasarnya agar terapi dapat efektif, lokal cedera harus dapat diturunkan suhunya dalam jangka waktu yang mencukupi (Bleakley et al., 2004:251).

Inti dari terapi dingin adalah menyerap kalori area lokal cedera sehingga terjadi penurunan suhu. Berkait dengan hal ini, jenis terapi dengan terapi es basah lebih efektif menurunkan suhu dibandingkan es dalam kemasan  mengingat pada kondisi ini lebih banyak kalori tubuh yang dipergunakan untuk mencairkan es (Ernst et al., 1994:56). Semakin lama waktu terapi, penetrasi dingin semakin dalam. Pada umumnya terapi dingin pada suhu 3,5 °C selama 10 menit dapat mempengaruhi suhu sampai dengan 4 cm dibawah kulit (Ernst et al., 1994:56). Jaringan otot dengan kandungan air  yang tinggi merupakan konduktor yang baik sedangkan jaringan lemak merupakan isolator suhu sehingga  menghambat penetrasi dingin (Ernst et al., 1994:56). 

Tabel 1. Efek Fisiologis dan Terapetis Terapi Dingin
Efek Fisiologis Sistemik
Efek Fisiologis Lokal
Efek Terapetis
Vasokontriksi
Piloereksi
Menggigil

Vasokontriksi lokal
Desensitisasi akhiran saraf bebas
Penururunan refill kapiler
Penurunan metabolism sel

Relaksasi otot
Menghambat pertumbuhan
bakteri
Mencegah pembengkakan
Mengurangi nyeri
Mengurangi perdarahan
 (Ernst et al., 1994:56)

Terapi dingin dapat dipakai dalam beberapa moda, seperti penggunaan es dan cold baths. Aplikasi dingin dapat mengurangi suhu daerah yang sakit, membatasi aliran darah dan mencegah cairan masuk ke jaringan di sekitar luka. Hal ini akan mengurangi nyeri dan pembengkakan. Aplikasi dingin dapat mengurangi sensitivitas dari akhiran syaraf yang berakibat terjadinya peningkatan ambang batas rasa nyeri. Aplikasi dingin juga akan mengurangi kerusakan jaringan dengan jalan mengurangi metabolisme lokal sehingga kebutuhan oksigen jaringan menurun. Respon neurohormonal terhadap terapi dingin adalah sebagai berikut :
·         Pelepasan endorphin
·         Penurunan transmisi saraf sensoris
·         Penurunan aktivitas badan sel saraf
·         Penurunan iritan yang merupakan limbah metabolisme sel
·         Peningkatan ambang nyeri                                                                                

Secara fisiologis, pada 15 menit pertama setelah pemberian aplikasi dingin (suhu 10 °C) terjadi vasokontriksi arteriola dan venula secara lokal. Vasokontriksi ini disebabkan oleh aksi reflek dari otot polos yang timbul akibat stimulasi sistem saraf otonom dan pelepasan epinehrin dan norepinephrin. Walaupun demikian apabila dingin tersebut terus diberikan selama 15 sampai dengan 30 menit akan timbul fase vasodilatasi yang terjadi intermiten selama 4 sampai 6 menit (Hurme et al., 1993:46). Periode ini dikenal sebagai respon hunting. Respon hunting terjadi untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan akibat dari jaringan mengalami anoxia jaringan (Ernst et al., 1994:56).

Selain menimbulkan vasokontriksi, sensasi dingin juga menurunkan eksitabilitas akhiran saraf bebas sehingga menurunkan kepekaan terhadap rangsang nyeri. Aplikasi dingin juga dapat mengurangi tingkat metabolisme sel sehingga limbah metabolisme menjadi berkurang. Penurunan limbah metabolisme pada akhirnya dapat menurunkan spasme otot.

Tabel 2. Respon Kulit Pada Aplikasi Dingin
Tahap
Waktu Pemberian Aplikasi Dingin
Respon
1
0 – 3 menit
Sensasi dingin
2
2 – 7 menit
Rasa terbakar, Nyeri
3
5 – 12 Menit
Anestesi relatif kulit
 (Ernst et al., 1994:56)

            Pada umumnya dingin lebih mudah menembus jaringan dibandingkan dengan panas. Ketika otot sudah mengalami penurunan suhu akibat aplikasi dingin, efek dingin dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan panas karena adanya lemak subcutan yang bertindak sebagai insulator. Di sisi lain lemak sub kutan merupakan barier utama energi dingin untuk menembus otot. Pada individu dengan tebal lemak sub kutan setebal 2 cm, energi dingin dapat menembus jaringan otot dalam waktu 10 menit (Ernst et al., 1994:56).

Tabel 3. Efek Fisiologis Tubuh pada Terapi Dingin
Variabel
Efek
Spasme otot
Menurun
Persepsi Nyeri
Menurun
Aliran darah
Menurun sampai 10 menit pertama
Kecepatan metabolisme
Menurun
Elastisitas kolagen
Menurun
Kekakuan sendi
Meningkat
Permeabilitas kapiler
Meningkat
Pembengkakan
Dapat mengurangi pembengkakan lanjut tapi relatif tidak menghentikan pembengkakan yang sudah terjadi
 (Konrath et al., 1996:629)

Untuk cedera akut, terapi dingin sering digunakan bersama-sama dengan teknik pertolongan pertama pada cedera yang disebut RICE  (rest, ice, compression and elevation). Teknik ini meliputi :
·         Mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera.
·         Memberikan es selama dua hari setelah cedera untuk mencegah pembengkakan luka.
·         Mempergunakan kompresi elastis selama dua hari untuk mencegah pembengkakan.
·         Berusaha agar bagian yang cedera ada  di atas letak jantung untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pembengkakan.
Dalam perawatan nyeri yang disebabkan karena cedera, terapi dingin dilakukan sampai pembengkakan berkurang.  Terapi dingin biasanya digunakan pada 24 sampai 48 jam setelah terjadinya cedera dan dipakai untuk mengurangi sakit dan pembengkakan. Panas selanjutnya digunakan dalam fase rehabilitasi fase kronis (Hubbard et al., 2004:278). 

INDIKASI TERAPI DINGIN (COLD THERAPY)
Menurut Konrath et.al (1996:630) beberapa  kondisi  yang dapat ditangani dengan cold therapy antara lain : 
·         Cedera (sprain, strain dan kontusi) 6
·         Sakit kepala (migrain, tension headache dan cluster headache).
·         Gangguan temporomandibular (TMJ disorder). 
·         Testicular dan scrotal pain. 
·         Nyeri post operasi..
·         Fase akut arthritis (peradangan pada sendi). 
·         Tendinitis dan bursitis. 
·         Carpal tunnel syndrome. 
·         Nyeri lutut. 
·         Nyeri sendi. 
·         Nyeri perut. .

KONTRA INDIKASI TERAPI DINGIN (COLD THERAPY)
Cold therapy sangat mudah digunakan, cepat, efisien dan ekonomis. Akan tetapi terdapat beberapa kondisi yang dapat dipicu oleh  cold therapy. Individu dengan riwayat gangguan  tertentu memerlukan pengawasan yang ketat pada  terapi dingin.   Beberapa kondisi tersebut  diantaranya adalah :
·        Raynaud`s syndrom  yang  merupakan kondisi dimana terdapat hambatan pada arteri terkecil yang menyalurkan darah ke jari tangan dan kaki ketika terjadinya dingin atau emosi. Pada keadaan ini timbul sianosis yanga pabila berlanjut dapat mengakibatkan kerusakan anggota tubuh perifer (Swenson et al., 1996:193).
·         Vasculitis (peradangan pembuluh darah) (Swenson et al., 1996:193). 
·         Gangguan sensasi saraf misal neuropathy akibat diabetes mellitus maupun leprosy. (Ernstet al., 1994:56)
·         Cryoglobulinemia yang merupakan kondisi berkurangnya protein di dalam darah yang  menyebabkan darah akan berubah menjadi gel bila kena dingin (Hocutt, 1982:316).
·         Paroxysmal cold hemoglobinuria yang merupakan suatu kejadian pembentukan antibodi yang merusak sel darah merah bila tubuh dikenai dingin. (Hocutt, 1982:316) 

RESIKO TERAPI DINGIN (COLD THERAPY)
Bila terapi dingin dilakukan dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan menyebabkan :  
·         Hypothermia yang merupakan suatu kondisi medis dimana suhu tubuh menurun secara cepat dibawah suhu normal, sehinga merusak metabolisme tubuh (Ernst et al., 1994:56).
·         Excema kulit dapat terjadi pada pendinginan kulit selama 1 jam pada suhu 0° sd -9°C. Excema ini dapat bertahan sampai dengan 24 jam (Bleakley et al., 2004:251). 
·         Frostbite yang merupakan kondisi medis dimana kulit dan jaringan tubuh rusak karena suhu dingin. Frostbite (rusakya anggota tubuh perifer) dapat terjadi pada suhu -3° sd -4°C (Bleakley et al., 2004:251).



JENIS APLIKASI TERAPI DINGIN (COLD THERAPY)
Terapi dingin dapat digunakan dalam beberapa cara. Pada cedera olahraga beberapa teknik yang sering dipergunakan adalah es dan masase es, imersi air dan atau es, ice packs dan vacpocoolant sprays, termasuk :

1. Es dan Masase Es
a. Peralatan 
Pada terapi ini es dapat dikemas dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan membekukan es pada  styrofoam. Pada penggunaannya ujung  stryofoam dapat digunakan sebagai pegangan pada saat dilakukan terapi. Es dalam pemakaiannya sebaiknya tidak kontak langsung dengan kulit dan digunakan dengan perlindungan seperti dengan handuk. Handuk juga diperlukan untuk mennyerap es yang mencair. 
b. Indikasi
Indikasi terapi es adalah pada bagian bagian otot lokal seperti tendon, bursae maupun bagian bagian myofacial trigger point. 
c. Penggunaan
Es dapat digunakan langsung untuk memijat  atau untuk memati-rasakan jaringan sebelum terapi pijat. Masase es dapat memberikan dingin yang lebih efisien daripada  cold packs atau metode lain yang menggunakan terapi dingin. Terapi biasanya diberikan selama 10 sampai 20 menit (Swenson et al., 1996:193).

2. Ice packs. 
a. Peralatan 
Pada prinsipnya ice packs merupakan kemasan yang dapat menyimpan es dan membuat es tersebut dapat terjaga dalam waktu relatif lama di luar freezer daripada kemasan plastik. 8 Alat ini tersedia di apotek dan toko obat. Sebagian besar ice packs mengandung bahan kimia yang dapat mempertahankan suhu dingin dalam  jangka waktu lama. Bahan kimia seperti isopropyl alkohol dapat ditambahkan denagn rasio 2 :1 terhadap air untuk mencegah terjadinya pembekuan sehingga ketika dipergunakan, ice packs dapat mengisi kontur tubuh. Terdapat dua jenis ice packs yaitu yang berbahan gel hypoallergenic dan yang berisi cairan atau kristal.
b. Penggunaan 
Pada umumnya  ice packs dapat dipergunakan selama 15 sampai 20 menit. Pada kemasan  ice packs yang berupa plastik, diperlukan handuk untuk mengeringkan air kondensasi. 
c.  Indikasi  
Sama dengan ice massage.
d.  Perhatian khusus
Pengguna  ice packs lebih praktis akan tetapi apabila terjadi kebocoran kemasan dapat menimbulkan bahaya iritasi kulit akibat bahan kimia yang dikandungnya (Swenson et al., 1996:193).

3. Vapocoolant spray. 
a. Peralatan 
Vapocoolant spray merupakan semprotan yang biasanya berisi fluoromethane atau ethyl chloride.
b.Indikasi
Vacoopolant spray sering digunakan untuk mengurangi nyeri akibat spasme otot serta meningkatkan range of motion. 


c. Penggunaan
Untuk meningkatkan range of motion, terdapat beberapa prosedur pemakaian yakni : 
1. vapocoolant membentuk sudut 30° dengan kulit dengan jarak 30 sampai 50 cm dari kulit
2. penyemprotan dilakukan dari arah proksimal ke distal otot
3. kecepatan penyemprotan sekitar 10 cm per detik dan dapat diulang sampai dengan 2-3 kali.
d. Perhatian khusus 
Penggunaan  vapocoolant harus dilakuakn sesuai  prosedur untuk menghindari  frozen bite (Swenson et al., 1996:193).

4. Cold Baths / Water Immersion 
a. Peralatan 
 Cold baths merupakan terapi mandi di dalam air dingin dalm jangka waktu maksimal 20 menit. Peralatan yang dipergunakan tergantung bagian tubuh yang akan direndam. Pada perendaman seluruh tubuh diperlukan tanki whirpool. Pada terapi ini aitr dan es dicampur untuk mendpatkan suhu 10° sampai dengan 15° C. 
b. Indikasi 
Terapi ini biasanya dilakukan untuk pemulihan paska latihan maupun kompetisi 
c. Penggunaan
Penderita berendam di dalam air yang sudah didinginkan. Proses ini berlangsung sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Ketika nyeri berkurang, terapi dihentikan dan dilanjutkan terapi lain seperti massage atau stretching. Pada saat nyeri kembali dirasakan, dapat dilakukan perendaman kembali. Dalam tiap sesi terapi, perendaman kembali dapat dilakukan sampai tiga kali ulangan.


d. Perhatian khusus :  
Terapi dingin berpotensi untuk meningkatkan penjendalan kolagen, konsekuensinya aktivitas fisik harus dilakukan secara bertahap paska terapi dingin (Swenson et al., 1996:193) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar